Sabtu, 29 Oktober 2016

Langkah-Langkah Dasar Dalam Teknik Bermain Bulu Tangkis


Langkah-Langkah Dasar Dalam Teknik Bermain Bulu Tangkis
Sebenarnya bermain bulu tangkis tak terlalu sulit. Hanya diperlukan latihan nan teratur, kesabaran nan tinggi, disiplin dan bersemangat. Melatih teknik bermain bulu tangkis agar lebih terarah sebaiknya dibantu oleh seorang instruktur nan sudah berpengalaman.
Berikut ini beberapa dasar teknik bemain bulu tangkis nan perlu diketahui:
  1. Teknik memegang raket

    Teknik bermain bulu tangkis nan pertama ialah teknik memegang raket. Buat pemula, memegang raket sine qua non caranya. Terkadang walaupun tenaga kita kuat dan sudah mengayun dengan kencang tapi cock/bola tak terlempar jauh. Hal ini disebabkan kesalahan dalam memegang raket.

    Teknik memegang raket atau gripping ini terletak pada saat mengayunkan cock, nan bergerak ialah pergelangan tangan. Jadi, bukan tangan nan bergerak melainkan pergelangan tangan, sebab ayunan akan lebih kuat sehingga bola akan meluncur jauh. Selain itu, dengan menggerakkan pergelangan tangan maka tenaga nan kita keluarkan lebih sedikit, jadi tak cepat lelah.
  1. Gerak kaki

    Dalam teknik bermain bulu tangkis nan harus diatur ialah gerakan kaki atau footwork . Mobilitas dan langkah kaki nan tepat akan membantu di dalam menjaga stamina tubuh dan mencegah terjadinya kelelahan sebab energi cepat terkuras habis.

    Teknik bermain bulu tangkis ini dapat dilakukan dengan cara mengatur langkah kaki sinkron dengan ritme dari permainan. Contohnya yaitu: saat ingin melakukan gerakan membalik bola dari arah dropshot backhand , gerakan kaki imulai dari langkah kecil ke arah kiri lebih dulu nan diikuti oleh mobilitas kaki melangkah besar ke arah kanan pada sikap backhand .
  1. Gerak memukul

    Teknik bermain bulu tangkis berikutnya ialah mobilitas memukul cock/bola. Gerakan memukul bola ini berkaitan dengan sikap dan posisi tubuh saat bermain.

    Contoh salah gerakan dan posisi tubuh saat memukul atau hitting position adalah: buat memukul ke arah atas atau overhead dengan menggunakan tangan kanan memegang raket, posisi atau sikap badan menyamping ke arah net.

    Kaki kanan di belakang sedangkan kaki kiri di depan, sehingga pada saat akan memukul bola, kaki kiri lebih siap menerima beban berat badan dan mencegah agar tak terjatuh.
Bulutangkis, dimainkan sebagai kegiatan rekreasi, ialah latihan nan bagus dan cara nan fantastis buat menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman. Ada sejumlah klub spesifik nan beroperasi buat mengajar olahraga buat anak-anak dan mereka nan benar-benar tertarik dalam olahraga ini.
Apalagi di Indonesia, bulu tangkis pernah menjadi permaina nan merakyat dan amat sangat populer, di eranya, bulu tangkis ialah kebangsaan bangsa ini, dan Indonesia pun salah satunya menjadi terkenal sebab bulu tangkis.
Mempelajari teknik bermain bulu tangkis memang memerlukan waktu nan tak sebentar. Butuh banyak kedisiplinan, latihan nan teratur dan kesabaran. Ayo, mulai berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar